SPIRIT PERUBAHAN UNTUK MERAIH SOLUSI

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ngaji Dino Iki #86: Semangat Perubahan | Berita Muhammadiyah Populer

 
Marilah kita selalu meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Ta’ala. Dengan taqwa yang sebenar-benarnya yaitu dengan menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan semua laranganNya agar kita menjadi orang yang paling mulia disisiNya.

Jamaah rahimakumullah, kali ini penulis ingin berbagi tentang "Spirit Perubahan Untuk Meraih Solusi" dimana hal ini terinspirasi dari kondisi sulit dimasa pandemi corona. Sehingga muncul pertanyaan dalam diri, apakah kita mampu? dan apa yang harus kita upayakan?

Saat ini manusia Indonesia dihadapkan pada tantangan zaman globalisasi dan kondisi pandemi yang berdampak terhadap kesehatan dan ekonomi, namun hal itu harusnya dimaknai sebagai sebuah peluang. Kesuksesan menghadapi tantangan zaman itu perlu dilandasi dengan keimanan dan kecerdasan. Orang yang survive (dari tantangan zaman) ini adalah mereka yang memiliki kecerdasan dan keimanan.

Yang pertama, tentang MAMPU
Sering kali tanpa sadar kita mengeluh atas masalah-masalah yang membebani, baik masalah kesehatan, ekonomi, sosial, keluarga, pekerjaan, dll. Sehingga kita lupa bahwa Allah menciptakan manusia adalah sebagai makhluk yang sempurna dengan akal pikirannya dan Allah telah menjanjikan dalam Al-quran  Al-Baqarah 286:

 لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

Kemampuan yang dimaksud dalam ayat ini bukanlah batasan minimal kemampuan seseorang yang karena itu kemampuan dapat berubah-ubah tergantung dengan motivasi, melainkan bahwa kemampuan harus diupayakan semaksimal mungkin dengan cara-cara dan ide-ide yang kreatif, inovatif, out of the box dan ilmiah. Sehingga kita sadar bahwa apapun yang dibebankan kepada kita(sebagai pejabat, pekerja, masyarakat sosial, kepala rumah tangga, dll) telah diputuskan oleh Allah jika kita mampu, karena sesungguhnya keadaaan/posisi kita saat ini adalah karena kehendak Allah.
Jadi mindset kita harus disetting bahwa yang kita lakukan masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan yang belum kita lakukan.

Jamaah rahimakumullah,
Yang kedua, tentang UPAYA
Faktor sukses dalam menghadapi tantangan zaman pun harus diusahakan.Untuk itu Allah mengimbau kepada setiap umat untuk terus berupaya mengubah nasib hidup mereka. Dari yang kurang baik, menjadi nasib yang lebih baik lagi.  Hal itu sebagaimana termaktub dalam Alquran Surah Ar-Ra’d penggalan ayat 11 berbunyi:

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٞ مِّنۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهِۦ يَحۡفَظُونَهُۥ مِنۡ أَمۡرِ ٱللَّهِۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتَّىٰ 

يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمۡۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوۡمٖ سُوٓءٗا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ ١١

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dari belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah atas perintah Alla. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.S. al-Ra’d, 11).

Ada motivator mengutip potongan ayat 11 Surat Ar-Ra‟d untuk melegitimasikan pernyataan mereka bahwa nasib kita tergantung pada diri kita. Nasib kita tidak akan berubah dengan sendirinya kecuali kita yang mengubahnya. Mereka mengatakan bahwa:“Allah tidak akan mengubah keadaan kita, bila kita tidak memiliki keinginan atau kesungguhan untuk mengubah diri. Tidak mungkin Allah tidak sesuai dengan firman-Nya.”, 
Benarkah demikian?

Tafsir ayat 11 surat Ar-Ra‟d itu ditafsirkan oleh ayat 53 dari surat Al-Anfal 

ذَٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِعْمَةً أَنْعَمَهَا عَلَىٰ قَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۙ وَأَنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ


Artinya: (Siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu merubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Maksud ayat diatas adalah bahwa Allah tidak akan mengubah kenikmatan suatu kaum menjadi adzab sampai mereka mengubah ketaatan mereka kepada Allah menjadi kemaksiatan. Maka, ada baiknya ketika kaki kita akan melangkah kepada kemaksiatan, kita bersegera menutup dengan tameng: “Kenikmatan kita akan dicabut ketika kita tidak taat kepada Allah (perintah dan laranganNya)”. Q.S. Al-Ra‟d:11 ini menjadi penghalang ampuh kita untuk tidak melangkah kepada suatu maksiat atau laranganNya.

Berdasarkan hasil telaah penafsiran pada ayat 11 surat Ar-Ra‟d, dapat diambil kesimpulan bahwa tafsir dari kalam Allah “Innallaha laa yughayyiru maa biqaumin hattaa yughayyiru maa bi anfusihim” terbagi menjadi dua pendapat: 

Yang pertama, Allah tidak mengubah nikmat yang Dia berikan kepada suatu kaum menjadi adzab sampai mereka mengubah ketaatan mereka menjadi maksiat.

Yang kedua, bermakna Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah sendiri keadaan mereka. 

Menurut para ahli, pendapat pertama lebih kuat kuat karena beberapa hal: Banyaknya pendapat dan penafsiran yang dicantumkan para mufassir dalam kitab mereka seperti Tafsiru Qur‟anil A‟dhim karya Ibnu Katsir, Tafsiru Ath-Thobari karya Imam Thobary dan Tafsiru Ibni Abi Hatim karya Ibnu Abi Hatim, Tafsirul Munir karya Wahbah Az-Zuhaily dan Tafsirul Jalalain karya Jalal Al-Muhly dan Jalaluddin As-Suyuthi serta Tafsir Al-Misbah karya Prof.Quraish Shihab, Penafsiran surat Ar-Ra‟d ayat 11 selaras dengan penafsiran surat Al-Anfal ayat 53. Hal ini dikuatkan dengan penafsiran-penafsiran dari mufassir. Dan dapat disimpulkan bahwa surat Al-Anfal menafsirkan surat Ar-Ra‟d atau lebih dikenal dengan istilah Tafsirul ayat bil ayat. Sehingga semua menunjukkan bahwa “tafsir Innallaha laa yughayyiru maa biqaumin hattaa yughayyiruu maa bi anfusihim bermakna Allah tidak akan mengubah nikmat yang Dia berikan kepada suatu kaum menjadi adzab sampai mereka mengubah ketaatan mereka menjadi maksiat, wallahu a‟lam. 

Jamaah rahimakumullah, 
Setiap orang yang normal menginginkan sebuah perubahan, yaitu adanya pergantian sebuah keadaan dari yang tidak baik menjadi baik, dari keadaan yang menyedihkan kepada keadaan yang menggembirakan, dari keadaan yang menakutkan kepada keadaan yang aman, dari keadaan menderita kepada keadaan yang bahagia, dari keadaan yang tersesat kepada keadaan yang lurus, dan seterusnya.

Dalam menempuh jalan menuju perubahan tersebut bermacam-macam, ada yang menempuh jalan yang keras, tiba-tiba, radikal, dan spontanitas dan tidak berdasarkan petunjuk agama dan akal yang sehat, serta tidak menempuh cara-cara yang wajar, yang hasilnya bukan tujuan yang didapat, malah menimbulkan keadaan yang lebih buruk dari sebelumnya. Ada yang menginginkan perubahan dengan meminta kepada selain Allah, pergi kepada orang pintar, pergi ke dukun, makam keramat, memuja benda-benda sakti yang menyebabkan timbul perbuatan syirik, sebuah dosa besar yang tidak akan diampuni Allah; dan ada yang ingin perubahan dengan jalan revolusi, kudeta, dan sebagainya yang menimbulkan kekacauan dalam berbagai bidang kehidupan yang sulit diperbaiki; dan lain sebagainya. Namun demikian, sungguhpun orang semakin pandai, berpendidikan tinggi, menguasai sain dan teknologi, dan seterusnya terkadang ada yang kehilangan akal sehatnya. Ia misalnya percaya pada orang sakti, seperti orang yang dapat melipatgandakan uang, atau terjerumus ke dalam gerakan radikal, dan seterusnya. Para psikolog  dan agama mengingatkan kita, bahwa antara agama, akal sehat, dan akal tidak sehat atau penguasaan hawa nafsu dalam diri kita selalu berebut pengaruh. Kita harus berjuang agar agama dan akal sehat yang berdaulat atas diri kita.

Islam ajaran yang mendorong ummatnya agar maju dan berubah pada keadaan yang lebih baik dengan menggunakan petunjuk agama, akal sehat, serta sesuai dengan kearifan lokal, dan berbagai norma dalam kehidupan yang luhur. Nabi Muhammad SAW mengingatkan, bahwa orang yang amal perbuatannya hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka itulah orang yang beruntung, dan orang yang perbuatannma dengan kemarin, termasuk orang yang rugi, dan orang yang amal perbuatannya hari esok lebih buruk dari hari ini, maka termasuk orang yang celaka.
 
Islam mengajarkan sebuah perubahan yang evolutif, namun efektif, sebuah perubahan yang sesuai dengan petunjuk agama, akal sehat dan tidak menimbulkan gejolak yang memakan resiko yang besar. Yaitu perubahan yang cukup mendasar, berdampak jangka panjang, dan berdampak pada semua bidang kehidupan. Yaitu perubahan dari dalam diri manusia, bukan perubahan dari luar yang dipaksakan; yaitu sebuah perubahan yang mengambil filosofi telur yang menetas yang bersumber dari dalam, dan bukan dari luar; telur yang digetok dari luar agar menetas, justru mengakibatkan ayam tersebut akan mati; sebuah perubahan yang dilakukan oleh dorongan yang kuat dari yang bersangkutan dengan mengambil filosofi kupu-kupu yang keluar dari kepompong yang dilakukan dengan cara kupu-kupu sendiri yang berjuang, dan bukan dengan cara menggunting bagian dari kepompong dengan tujuan membantu agar kupu-kupu tersebut dapat keluar, namun ternyata akibatnya fatal, yaitu bahwa kupu-kupu tersebut ternyata tidak dapat terbang.
 
Jamaah rahimakumullah, 
Berdasarkan petunjuk al-Qur’an surat al-Ra’d ayat 11, ada dua cara yang dapat ditempuh dalam melakukan perubahan yang positif:
Pertama dengan menjalani kehidupan sesuai dengan petunjuk agama, yang menyebabkan hidup selalu dalam bimbingan Allah SWT melalui malaikat-malaikat yang mendampingi  dan menjaga, dan mendo’akannya. 
 
Hal ini dapat dipahami dari kalimat لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٞ مِّنۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهِۦ يَحۡفَظُونَهُۥ مِنۡ أَمۡرِ ٱللَّهِۗ Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dari belakangnya.

Kedua, dengan melakukan perubahan pola pikir, cara pandang, mindset, paradigma dan seterusnya. Misalnya perubahan pola berfikir buruk sangka menjadi pola pikir baik sangka, pola pikir feodalistik  yang berdasarkan pada hak-hak istimewa yang didasarkan warisan atau keturunan menjadi pola pikir egaliter yang berdasarkan atas usaha keras dan prestasi, pola pikir diskiriminatif yang didasarkan pada hal-hal yang bersifat temporer seperti harta, pangkat, kedudukan, dan lainnya diganti dengan pola pikir persaudaraan yang didasarkan pandangan kemanusiaan sebagai yang memiliki nenek moyang yang sama, asal usul, proses, dan bahan makan yang sama (dari bumi), dan saling membutuhkan. (Lihat Q.S. al-Hujurat, 49:10-13). Wallahu a'lam.

 
I'tibar:

1. Allah telah memberi nash, bahwa Dia tidak membebani manusia diluar dari kemampuannya. Sehingga yang menjadi tuga manusia adalah bersemaksimal mungkin dengan cara-cara dan ide-ide yang kreatif, inovatif, out of the box dan ilmiah. Dan menata mindset kita bahwa yang kita lakukan masih belum sempurna dan masih banyak kekurangannya.

2. Potongan ayat: Innallaha laa yughayyiru maa bi anfusihim hatta yughayyiru maa bi anfusihim. ArtinyaL   Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri, bermakna bahwa Allah tidak akan merubah apa yang ada pada suatu kaum dari bentuk kenikmatan dan kesehatan dengan cara menghilangkannya, sehingga ia mengubah apa yang ada pada dirinya dengan berbuat dzalim dan saling bermusuhan antara satu dan lainnya, atau melakukan perbutan buruk yang dapat mengakibatkan rusaknya susunan masyarakat, atau adanya orang-orang yang jahat yang mengambil kendali atas kehidupan individual.  
Jadi, sekali lagi, arti ayat itu BUKAN ‘Kita usaha, maka kita pasti sukses’. Makna yang ‘meleset’ ini biasanya cenderung dieksploitasi secara tidak pada tempatnya, seperti untuk keuntungan-keuntungan jangka pendek. Maksud ayat itu ADALAH ‘Ubahlah kondisi jiwa kita (agar tidak lagi terbelenggu hawa nafsu), maka Allah akan mengubah keadaan kita’.
 
Ali bin Abi Thalib pernah berkata:
Barangsiapa membereskan hubungan antara dirinya dengan Allah, niscaya Allah akan membereskan hubungan antara dia dan manusia semuanya. Barangsiapa membereskan urusana akhiratnya, niscaya Allah akan membereskan baginya urusan dunianya. Barangsiapa selalu menjadi penasihat yang baik bagi dirinya sendiri, niscaya Allah akan menjaganya dari segala bencana). 
 
3.   Bahwa dengan menganut paham perubahan yang sesuai dengan tuntunan agama, akal sehat dan keadaan masyarakat, maka akan dilahirkan orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, kecerdasan moral, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional yang seimbang; yaitu mereka yang mampu melakukan hubungan yang seimbang dengan Allah, manusia, alam jagat raya dan segenap makhluk-Nya yang baik; Ia akan menjadi orang yang memiliki karakter yang luhur, bermental yang kokoh, bermoral yang tinggi yang selanjutnya memandang perjuangan hidup dalam merubah keadaan dilihat sebagai amanah yang harus dipertanggung jawabkan dengan melakukan amal dan pekerjaan yang berkualitas tinggi;   menjadikan hidup sebagai rahmat bagi orang lain; menjalani hidup sebagai perjuangan dalam rangka ibadah kepada Allah, dan menjalani hidup sebagai panggilan jiwa.      Inilah kekuatan dari dalam diri manusia yang ditunjukan agama, akal sehat dan masyarakat yang dapat membawa perubahan positif dengan resiko yang minimalis.
 
4. Kita harus yakin dan percaya kepada Nash Allah sebagai bukti keimanan kepadaNya bahwa semua masalah/beban/kondisi yang saat ini kita alami telah diukur oleh Allah jika kita mampu menyelesaikannya serta  marilah kita tingkatkan ketaatan dan ketakwaan kita kepada Allah agar kebaikan, kenikmatan dan keberkahan selalu tercurahkan kepada kita semua. Aamiin.
 
Demikian semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan.



وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 شفاعة

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran Hulul dalam Tasawuf

AWAS "MUNAFIK" !

SPIRIT MEMBERSIHKAN HATI DARI HASAD